MACAM-MACAM JENIS BUAH LENGKENG DAN MANFAAT BUAH LENGKENG UNTUK TUBUH - husnuls492.com

MACAM-MACAM JENIS BUAH LENGKENG DAN MANFAAT BUAH LENGKENG UNTUK TUBUH

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan Artikel yang berjudul Macam-Macam Jenis Buah Lengkeng dan Manfaat Buah Lengkeh untuk Tubuh. Pembaca yang budiman. Macam-macam jenis buah lengkeng ada banyak di Indonesia dan manfaat lengkeng untuk tubuh juga banyak.



Pembaca yang budiman. Buah Lengkeng juga disebut kelengkeng, matakucing, atau longan, Dimocarpus longan, suka lerak - lerakan atau Sapindaceae adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara dan dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis, terutama di Thailand, Cina, Taiwan, Vietnam, Australia, dan di Amerika Serikat, Florida dan Hawai. 


Pembaca yang budiman. Buah lengkeng kaya akan nutrisi. Secara umum dalam 100 gram daging buah lengkeng mengandung nilai gizi yang cukup bagus sebagaimana yang tertera dalam tabel berikut ini :

1. Kalori 61 Kal
2. Protein 1 g
3. Lemak 0,1 g
4. Karbohidrat 15,8 g
5. Serat 0, 4 g
6. Kalsium 10 mg
7. Fosfor 42 mg
8. Zat besi 1,2 mg
9. Thiamin 0,04 mg
10. Asam Asorbid 6 mg

Pembaca yang budiman. Tanaman lengkeng dapat diklasifikasina sebagai berikut :

1. Lengkeng Jantan, yang hanya mempunyai bunga jantan saja. Jenis lengkeng ini hanya memiliki benang sari saja. Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang menghasilkan serbuk sari yang berfungsi sebagai inti sperma bagi berlangsung penyerbukan. 

2. Lengkeng Betina, yang hanya mempunyai bunga betina saja. Jenis ini hanya mempunyai bakal buah yang berisi bakal biji (Ovulum) yang mengandung sel telur. 

Pembaca yang budiman. Buah lengkeng di indonesia cukup banyak ditemukan varietes lengkeng yang berbeda satu dengan yang lain. Dari sekian banyak varietes lengkeng tersebut, ada yang telah ditetapkan dan lepas sebagai varietes unggul nasional antara lain :

1. Lengkeng Itoh, adalah lengkeng introduksi dari Thailand, merupakan lengkeng dataran tinggi, dapat berbunga di dataran rendah dengan perlakuan tertentu. Kelebihan dari lengkeng ini adalah buah berukuran sedang, daging buah tebal, biji kecil, rasa manis dan kering. 

2. Lengkeng Selarong, merupakan keturunan dari lengkeng Bandungan (dataran tinggi) yang telah beradaptasi cukup lama di daerah dataran rendah. Berkembang baik di daerah Selarong (ketinggian tempat + 20 m dpl). Berubah setahun sekali pada bulan juni-juli, berukuran kecil sampa sedang dan mempunyai rasa manis. 

3. Lengkeng Diamond River, merupakan lengkeng introduksi dari Thailand. Daya adaptasi cukup luas, dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, tetapi banyak berkembang di dataran rendah. Berbuah genjah, bibit dari perbanyakan vegetative dapat menghasilkan buah saat umur 1 tahun sedangkan bibit dari biji dapat berbuah saat umur 2-3 tahun. Rasa buah manis dan daging buah basah. Berbuah 2-3 kali setahun. Saat ini, daerah Demak Semarang, dan Pontianak merupakan sentra populasi lengkeng Diamond River di Indonesia. 


Pembaca yang budiman. Daging lengkeng enak dimakan segar dan dapat dibuat minuman dalam kaleng (canning). Bijinya mengandung saponin yang baik untuk sampo pencuci rambut. Daunnya biasa digunakan untuk obat tradisional terhadap penyalat dalam karena mengandung quercetin. Pohonnya dapat digunakan untuk kayu bakar seperti halnya pohon rambutan. Selain itu, tanaman lengkeng bermanfaat untuk taman. pelindung jalan dan konversi lahan yang curam. Buah lengkeng segar dikonsumsi untuk mengurangi demam, dan buah-buahan kering sebagai obat untuk insomnia. Daun mengandung quercetin, dengan sifat antioksidan dan antivirus, dan digunakan dalam pengobatan elergi, kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular. 

Kesimpulan

Pembaca yang budiman. Buah Lengkeng juga disebut kelengkeng, matakucing, atau longan, Dimocarpus longan, suka lerak - lerakan atau Sapindaceae adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara dan dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis, terutama di Thailand, Cina, Taiwan, Vietnam, Australia, dan di Amerika Serikat, Florida dan Hawai.

Pembaca yang budiman Tanaman lengkeng dapat diklasifikasina sebagai berikut :
Lengkeng Jantan, Lengkeng Betina. 

Dari sekian banyak varietes lengkeng tersebut, ada yang telah ditetapkan dan lepas sebagai varietes unggul nasional antara lain :
Lengkeng Itoh,Lengkeng Selarong,Lengkeng Diamond River.

Manfaat Buah lengkeng segar dikonsumsi untuk mengurangi demam, dan buah-buahan kering sebagai obat untuk insomnia.

Demikian Artikel Tentang Macam-Macam Jenis Buah Lengkeng dan Manfaat Buah Lengkeng untuk Tubuh.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "MACAM-MACAM JENIS BUAH LENGKENG DAN MANFAAT BUAH LENGKENG UNTUK TUBUH"

  1. Hanya di DEWALOTTO BO terpercaya permainan terlengkap dengan proses tercepat dan pelayanan 24jam dari kami yang siap melayanin anda semua jadi tunggu apa lagi yuk segera bergabung..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Anda mungkin menyukai postingan ini :