WISATA ZIARAH ULAMA BESAR BANTEN SYECH MAULANA MANSYURUDDIN - husnuls492.com

WISATA ZIARAH ULAMA BESAR BANTEN SYECH MAULANA MANSYURUDDIN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Wisata Ziarah Ulama Besar Banten Syech Maulana Mansyuruddin. Pembaca yang budiman. Ulama besar Banten yang berdarah bangsawan yang merupakan putra dari Sultan Ageng Tirtayasa (Raja Banten ke 6) yang merupakan Penyebar Agama Islam di Wilayah Banten Selatan yang sekarang Pandeglang dan sekitarnya. Beliau berkuasa dari tahun 1683 - 1687 di kesultanan Banten beliau adalah Syech Maulana Mansyuruddin. 

Pembaca yang budiman. Syech Maulana Mansyuruddin dalam perjalanan menyiarkan Islam sampai ke daerah Cikoromoy lalu beliau menikah dengan Nyai Sarinten (Nyi Mas Ratu Sarinten) dan dikaruniai soerang anak yang bernama Muhammad Sholih yang memiliki julukan Kyai Abu Sholih.  Syech Maulana Mansyuruddin setelah lama tinggal di daerah Cikoromoy terjadi suatu peristiwa dimana Nyi Mas Ratu Sarinten meninggal terbentuk batu kali pada saat mandi. beliau terpeleset menginjak rambutnya sendiri, konon Nyi Mas Ratu Sarinten mempunyai rambut yang panjangnya melebihi tinggi tubuhnya, akibat peristiwa tersebut maka Syekh Maulana Mansyuruddin melarang semua keturunannya yaitu para wanita untuk mempunyai rambut yang panjangnya seperti Nyi mas Ratu Sarinten.


Pembaca yang budiman. Nyi Mas Ratu Sarinten kemudian dimakamkan di Pasarean Cikarayu Cimanuk. Sepeninggal Nyi Mas Ratu Sarinten lalu Syekh Maulana Mansyur pindah ke daerah Cikaduen Pandeglang dengan membawa Khodam Ki Jemah lalu beliau menikah kembali dengan Nyai Mas Ratu Jamilah yang berasal dari Caringin Labuan. 

Pada suatu hari Syekh Maulana Mansyur menyebarkan Syariah Agama Islam di daerah selatan ke pesisir laut, di dalam perjalanannya di tengah hutan Pakuwon Mantiung Sultan Maulana Mansyuruddin beristirahat di bawah pohon waru sambil bersandar bersama khodamnya Ki Jemah, tiba-tiba pohon tersebut menjongkok seperti seorang manusia yang menghormati, maka sampai saat ini pohon waru itu tidak ada yang lurus. 

Pembaca yang budiman. Setelah sekian lama Syekh Maulana Mansyuruddin menyiarkan agama islam  akhirnya Syekh Maulana Mansyuruddin meninggal duni pada tahun 1672 M dan di makamkan di Cikaduen Pandeglang Banten. Hingga saat ini makam beliau selalu diziarahi oleh masyarakat. 

Demikian Artikel Tentang Wisata Ziarah Ulama Besar Banten Syech Maulana Mansyuruddin.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 Response to "WISATA ZIARAH ULAMA BESAR BANTEN SYECH MAULANA MANSYURUDDIN "

  1. Hai semua silahkan kunjungin kami agent terpercaya yang menawarkan hadiah puluhan juta dengan cara yang simple saja jadi yuk berkunjung hanya di dewalotto ya thankss..
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    ReplyDelete

Anda mungkin menyukai postingan ini :