SEJARAH FUTSAL DI INDONESIA DAN DUNIA - husnuls492.com

SEJARAH FUTSAL DI INDONESIA DAN DUNIA

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bertemu lagi dengan Saya Husnul. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas Artikel Tentang Sejarah Futsal di Indonesia dan Dunia. Pembaca yang budiman. Futsal ada di indonesia sekitar tahun 2000-an pada tahun tersebut futsal baru berkembang. Permainan ini sangat banyak penggemarnya sampai-sampai pemain sepak bola pun terjun ke permainan futsal ini. 

Baca Juga : 


Tidak hanya di Indonesia, Futsal juga sangat terkenal di dunia berbagai suku bangsa mengenal permainan ini. Permainan ini terdapat pada situs purbakala Yunani yang disebut sebagai sphaira atau ollis pada zaman romawi. Zaman sudah modern sepak bola tidak hanya di mainkan diluar lapangan, sepak bola bisa di mainkan di dalam ruangan. 



Futsal yang menciptakan adalah Juan Carlos Ceriani di Montevideo Uruguay pada tahun 1930. Futsal lahir bersamaan dengan perhelatan Piala Dunia di Uruguay. Saat pertama lahirnya permainan ini diberi nama Futebol de Salao  (Bahasa Portugis) yang memiliki makna sepak bola ruangan tertutup.

Futsal pertama kali dimainkan di internasional dalam Piala Amerika Selatan tahun 1965. Dalam pertandingan tersebut Paraguay keluar sebagai Juara. Piala Amerika tersebut di selenggarakan berturut-turut sampai tahun 1979 dan semua pialanya di sapu bersih oleh Brazil. Brazil masih berjaya pada Piala Pan Amerika tahun 1980 dan 1984. 

Futsal mulai masuk ke indonesia pada tahun 2002. Olahraga futsal mendapat sambutan terutama bai pecinta sepak bola Indonesia. Kompetisi resmi di mulai pada tahun 2008. Badan yang menaungi futsal indonesia adalah (BFN). Badan ini dibentuk oleh PSSI untuk mengawasi Futsal di Indonesia. Indonesia menggelar kejuaraan Futsal Indonesia (IFL). Kejuaraan ini berlangsung selama 4 bulan yang dibagi dalam empat seri. Yang keluar sebagai juara akan mewakili Indonesia di Kejuaraan Asia. 

Futsal berasal dari istilah spanyol dan portugis yang terdiri dari dua kata Football yang artinya sepak bola dan sala yang artinya ruangan. Yang apabila digabung menjadi sepak bola dalam ruangan. Futsal di ciptakan di Montevidoe Uruguay pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Futsal menjadi perhatian di seluruh Amerika Selatan terutama negara Brasil. 

Brasil adalah pusat futsal dunia. Permainan futsal dinaungi oleh Federation Internasional de Footbal de Football Association di seluruh dunia sampai Eropa dan Amerika. Negara yang menyelenggarakn Futsal pertama diadakan pada tahun 1965 dan yang menjadi juara adalah Paraguay. 

Demikan Artikel Tentan Sejarah Futsal Di Indonesia dan Dunia.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

0 Response to "SEJARAH FUTSAL DI INDONESIA DAN DUNIA"

Post a Comment

Anda mungkin menyukai postingan ini :